Senin, 21 Mei 2012

...Keutamaan Shalat dibarisan terdepan...


Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw., pernah bersabda: "Seandainya orang-orang mengetahui pahala azan dan barisan (shaf) pertama, lalu mereka tidak akan memperolehnya kecuali enggan ikut undian, niscaya mereka akan berundi. Dan seandainya mereka mengetahui pahala menyegerakan shalat pada awal waktu, niscaya mereka akan berlomba-lomba melaksanakannya. Dan seandainya mereka mengetahui pahala Shalat Isya dan Subuh, niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan alan merangkak. " (HR. Bukhari)

Subhanallah, mirisnya dizaman akhir ini. Sangat banyak manusia yang tidak mengetahui itu semua..
Dan yang ingin ditekankan disini adalah shalat di shaf pertama.

Bayangkan, pada hadist diatas disebutkan seandainya kita mengetahui pahala shalat di shaf pertama, tentu semua orang akan berlomba-lomba untuk mendapatkannya. Bahkan jika harus dilakukan pengundian siapa yang akan mendapatkan shaf pertama tersebut (untuk keadilan), tentu kita semua akan ikut undian tersebut walaupun terasa menyulitkan dan merepotkan.

Coba kita lihat di Masjid kita..
Bahkan ketika iqomah sudah dikumandangkan, barisan pertama masih kosong.
“Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.
(QS: Al-Baqarah ; 148)


Mari kita berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan..^_^
“jangan biarkan keutamaan ini menjadi hal yang biasa yang padahal didalamnya terdapat pahala yang luar biasa besarnya”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar