Senin, 06 Agustus 2012

Seimbang antara Kuliah dengan Organisasi

Kuliah -- penting
Organisasi --juga penting.
lalu bagaimana caranya agar kedua kepentingan tersebut dapat berjalan dengan baik, tanpa saling mengganggu satu sama lain?

Ridwansyah Yusuf, yang kadang juga dipanggil dengan sebutan ust ucup menuliskan 3 poin penting agar dapat seimbang dalam berorganisasi dan berdakwah(yang dalam hal ini, berdakwah juga dapat dikategorikan sebagai sebuah organisasi)
tiga poin tersebut adalah:
1. manajemen diri
2. manajemen fokus
3. manajemen waktu

kita akan membahas ketiga poin tersebut satu-satu..:

yang pertama adalah manajemen diri,
maksud dari manajemen diri disini adalah lebih kepada bagaimana cara mengatur mindset kita sendiri. Dalam bukunya, ust Ucup menceritakan bagaimana dia mensetting mindsetnya ketika kuliah dulu.
hanya akan ada nilai A pada rekapitulasi nilainya. pikirannya selalu diarahkan pada nilai A, dan hanya nilai A. hingga akhirnya pikirannya juga lah yang menjadikan ia tidak nyaman untuk hanya berdiam diri, bermalas-malasan mengingat targetnya itu. alhasil rekap nilai yang diterimanya hanya 1 mata kuliah yang nilainya bukan A.
"Atur pikiran kita untuk sukses, maka pikiran akan mengatur kita untuk sukses"

yang kedua, manajemen fokus
pada saat perkuliahan berlangsung, kita hadir dikelas, tapi kadang kita malah memikirkan tugas dari organisasi yang belum diselesaikan.
begitu juga pada saat rapat/ urusan organisasi berlangsung, kadang kita malah memikirkan tugas kuliah yang belum dikerjakan.
itulah kesalahan yang harus diatasi, dengan mengatur fokus kita, kita akan menjadi lebih optimal.
saat perkuliahan berlangsung, coba hilangkan pikiran tentang urusan lain, sehingga kita dapat fokus pada kuliah kita saat itu. begitu pula ketika urusan organisasi.

yang terakhir, manajemen waktu
rencanakan semua kegiatan kita sehari sebelumnya, agar waktu yang diberikan Allah SWT kepada kita setiap harinya dapat kita manfaatkan secara optimal.
prioritaskan kegiatan yang penting dan dahulukan pekerjaan yang memang harus didahulukan.
waktu yang ada akan termanfaatkan dengan sangat baik, akhirnya ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan pada hari itu.

itulah ketiga poin yang bisa kita maksimalkan untuk dapat berlaku seimbang antara kuliah dengan ber-organisasi.
wallahualam..^_^

1 komentar: